Mengenal Durian Bujang Setile (BS), Durian juara Kalbar dari Kayong Utara pada Kontes Durian di Pontianak 2023.

Durian Bujang Setile BS

Durian Bujang Setile (BS) berhasil menjuarai Kontes Durian se Kalbar yang diadakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat pada Bulan November 2023 lalu. Kontes tersebut merupakan rangkaian dari acara pameran dan festival buah dan Florikultur Kalimantan Barat yang diadakan di Halaman parkir Mega Mall pada tanggal 15-19 November 2023. Durian Bujang Setile berhasil mengalahkan 45 peserta lainnya yang mengikuti kontes tersebut.

Warna durian BS orange

Durian tersebut dibawa dari Desa Matan Jaya Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kayong Utara. Durian tersebut memiliki karakter warna daging buah berwarna orange kuning, seperti warna ubi jalar orange. Dagingnya tebal dan ada biji kempesnya, ukuran buahnya tidak terlalu besar, sekitar 0,8-2 kgan. Memiliki tekstur yang creamy dan ada sensasi rasa pahitnya. Durian tersebut merupakan durian unggulan dari Desa Matan Jaya.

Dengan menjuarai kontes ini, Durian Bujang Setile ini diharapkan bisa menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Kayong Utara. Menurut kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kayong Utara, Durian ini nantinya akan di sertifikasi dan akan dikembangkan di Kabupaten Kayong utara dengan dukungan pemerintah sebesar 50 Hektar.

Tinggalkan komentar