Tips dan Trik Pembibitan Kelapa Sawit

Pembibitan Kelapa sawit merupakan langkah awal untuk proses penanaman dalam berkebun kelapa sawit. Seperti yang kita ketahui pembibitan kelapa sawit terdapat dua macam cara yaitu, single stage dan double stage. Single stage yaitu pembibitan langsung dengan 1 tahap yaitu menggunakan polibag besar. Sedangkan Double stage menggunakan 2 tahap pembibitan yaitu pre nursery dan main nursery.

Tahap Pre nursery menggunakan polibag kecil, kemudian tahap main nursery menggunakan polibag besar. Usia di prenursery yaitu 0-3 bln, main nursery 3- siap tanam / 10-12 bln.

Pembibitan di awali dengan penyiapan polibag, kemudian pengisian polibag dengan tanah top soil, baik brupa tanah merah maupun tanah hitam. Kemudian siapkan juga kecambah Kelapa sawitnya, gunakan benih unggul yang langsung dibeli dari perusahaan penyedia kecambah kelapa sawit unggul.

Kelapa sawit usia 1,5 bulan

Setelah terisi tanah di polibag, kemudia dilakukan penyiraman sampai jenuh, artinya air tidak bisa lagi masuk ke tanah. Kemudian dibuatkan lubang kecil menggunakan jari, dan dimasukkan kecambahnya kedalam lubangnya dengan perlahan. jangan di tekan agar tidak patah, kalau sudah patah maka kecambah tidak akan tumbuh. Kemudian ditutup kecambah tersebut sampai tidak terlihat, kemudian dilakukan penyiraman.

Perawatan rutin dilakukan dengan penyiraman setiap pagi dan sore, lebih bagus untuk tahap pre nursery di beri naungan, akan tetapi jika tidak ada naungan juga tidak mengapa yang terpenting penyiraman harus selalu dilakukan. Kemudian kotrol kepada kecambah yang tumbuh, jangan sampai terlihat akarnya agar tidak terkena panas, lakuka penimbunan jika akar masih terlihat.

Selengkapnya dapat dilihat di video berikut;

Tinggalkan komentar