Mengenal Komunitas Petani Sawit Kalimantan Barat

Logo Komunitas Petani Kelapa Sawit Kalbar

Komunitas Petani Sawit Kalimantan Barat (KPSKB) merupakan wadah bagi  komunitas Petani kelapa sawit kalimantan barat untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk bersama sama menjadi petani kelapa sawit yang mandiri dan sukses. KPSKB merupakan kumpulan petani sawit, praktisi petani, yang berjiwa sosiopreneur dimana merupakan wadah bertukar pengalaman antara petani dan praktisi, sehingga dapat mengedukasi petani sawit Kalbar. KPSKB adalah wadah perjuangan, mewujudkan kesejahteraan hidup, pemersatu, pemberdayaan dan wadah pemelihara lingkungan hidup petani sawit.

KPSKB ini merupakan gagasan dari  petani kelapa sawit kalbar khususnya wilayah tumbang titi untuk membuat wadah yang bisa menampung petani petani sawit di wilayah Kalimantan Barat. Komunitas ini awalnya hanya berupa grup facebook saja yang digunakan untuk berbagi segala macam tentang perkelapa sawitan khususnya untuk mengedukasi para petani kelapa sawit di wilayah Kalbar melalui dunia maya.

Seiring berjalannya waktu KPSKB kemudian membentuk organisasi di dunia nyata khususnya diwilayah Tumbang Titi dengan mengadakan KOPDAR (pertemuan langsung) di Tumbang Titi. Kemudian KPSKB ini menjadi komunitas petani kelapa sawit yang nantinya diharapkan setiap anggotanya dapat menjadi petani kelapa sawit yang maju dan sejahtera dan bersama sama dapat membangun Kalimantan Barat melalui sektor perkebunan kelapa sawit.

Fokus utama dari KPKSB untuk saat ini adalah mengkampanyekan penggunaan bibit unggul asli Kelapa sawit dari produsen benih resmi dan memerangi penggunaan bibit palsu (abal abal). Dengan penggunaan bibit unggul resmi diharapkan petani Sawit khususnya anggota KPSKB dapat meningkatkan dan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Selain itu KPSKB juga berbagi bagaimana caranya untuk merawat kelapa sawit dari pembibitan sampai pemanenan melalui grup Facebook ataupun melalui whats app.

Adapun tujuan KPSKPB adalah membimbing dan mengembangkan anggota  dalam rangka pemanfaatan potensi Kelapa sawit secara erkelanjutan dan penuh tanggung jawab untuk meunjang pembangunan perekonomian menuju masyarakat Kalbar Makmur.  Visi KPSKB yaitu mencerdaskan, mensejahterakan anggota petani sawit kalbar yang makmur dan berkelanjutan. Adapun Misi KPSKB adalah meningkatkan peran serta seluruh anggota dalam pembangunan Kalbar, melayani dan melindungi anggota serta memberdayakan Serta menjadi pusat informasi anggota tentang kelapa sawit dalam segala aspek agronimo, juga sebagai wadah penyalur aspirasi petani sawit kalbar.

Sampai saat ini, sudah banyak anggota KPSKB yang menggunakan bibit unggul khususnya varietas PPKS Yangambi dari PPKS Parindu, varietas PPKS Simalungun bekerja sama dengan PT. Astra Agro Lestari. Baru baru ini KPKSB juga mengundang tim dari Astra Pangkalan Bun untuk sosialisasi dan pengenalan bibit unggul Simalungun kepada anggota KPSKB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s