KPSKB: Pertemuan dan Sosialisasi kecambah Unggul Kelapa Sawit dari Tim Astra Agro Lestari Pangkalan Bun

kpskb 1

Penyerahan Bibit Unggul PPKS Simalungun oleh tim Astra Agro Lestari kepada bpk Fahri Anggota KPSKB

Selasa, 20 Maret 2018, Komunitas Petani Kelapa Sawit Kalbar (KPSKB) mengadakan pertemuan dan silaturahmi dengan anggota dan pengurus KPSKB wilayah Kec. Tumbang Titi dan sekitarnya sekaligus mengundang Tim dari balai benih Astra Agro Lestari untuk sosialisasi dan pengenalan bibit unggul kelapa sawit khususnya varietas PPKS Simalungun.

Tim yang di ketuai oleh bapak Mulyono ini merupakan marketing dan sales resmi dari balai produksi benih unggul kelapa sawit resmi varietas Simalungun yang merupakan kerja sama waralaba dengan PPKS. Pada kesempatan ini, tim Astra mensosialisasikan pentingnya penggunaan bibit unggul Kelapa sawit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Benih Kelapa sawit yang unggul merupakan salah satu syarat utama agar kelapa sawit yang dihasilkan dapat memenuhi harapan yaitu produktifitas yang tinggi dan juga rendemen minyak yang tinggi. Selain itu varietas unggul juga mampu bertahan di lingkungan yang kurang baik. Di sisi lain, kultur teknis dan jenis tanah juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh. Untuk itu petani kelapa Sawit khususnya anggota KPSKB agar memperhatikan bagaimana jenis tanah dan juga perawatannya kelapa sawit yang baik untuk meningkatkan produktifitasnya. Keunggulan lain nya dari bibit unggul ini adalah daya tahan terhadap kekeringan yang baik, juga pertambahan tingginya pertahun yang lebih rendah dibandingkan bibit palsu (abal abal/cabutan). Kita bisa lihat contoh bibit cabutan yang di tanam di pekarangan petani, pertumbuhan meningginya lebih cepat dibandingkan bibit asli, sehingga waktu panennya berkurang, kalau bibit asli bisa 30 tahun baru replanting, bibit yang abal abal 25 tahun sudah harus di replanting.

kpskb2

Sosialisasi bibit unggul Astra

Pada pertemuan sore itu, tim dari Astra juga memberikan langsung kecambah unggul Simalungun yang telah dipesan oleh beberapa anggota KPSKB Tumbang titi, dan tim Astra berharap agar kerja sama dan silaturahmi antara KPSKB ini dapat berlanjut di masa yang akan datang sehingga tercipta kerja sama yang sama sama menguntungkan antara kedua belah pihak.

Ketua KPSKB bapak Sudiro mengucapkan terima kasih  sebanyak banyaknya kepada tim Astra yang telah berkunjung dan mensosialisasikan kecambah unggul kepada Anggotanya, kedepan ia berharap bisa mengadakan pertemuan pertemuan seperti ini lagi dengan lingkup yang lebih besar lagi. Tim Astra juga membagikan cendera mata berupa topi, kaos dan kalender kepada anggota KPSKB.

Bagi kawan kawan petani sawit yang mau mengundang tim Astra Agro lestari bisa menghubungi akun facebook resmi kecambah sawit unggul Astra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s