Clengek’an

38690-1000xauto-ilustrasi-upacara-

Ilustrasi, (sumber gambar : https://cdn.brilio.net/news)

Clengek’an adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa jawa. Kata itu biasanya digunakan untuk orang orang yang tidak serius, bisa juga dikatakan main main. Di Indonesia, istilah itu sering kali digunakan, karena kebanyakan orang orang kita memiliki budaya Clengek’an ini.

Di dalam lingkup pendidikan, budaya Clengek’an ini banyak kita jumpai, biasanya ketika upacara bendera. Sering kali beberapa oknum murid tidak memperhatikan dan mengikuti jalannya upacara, tetapi mereka malah clengek’an, ngobrol masing masing, bisik bisik, bahkan tak jarang mereka tertawa, cekiki’an. Tentu hal ini sangat mengganggu bagi siswa lain yang ingin mengikuti Upacara dengan Hikmat, rasanya seperti ingin Njotosi  satu persatu siswa yang ngobrol sendiri.

Di masa kini, bukan hanya kalangan siswa saja yang masih clengek’an, ternyata orang orang dewasa pun masih membudayakan clengek’an. Bahkan ketika acara resmi, Asyik asyik mengobrol sambil tertawa bahkan hingga terdengar sampai di depan pimpinan yang sedang khusuk mengikuti kegiatan. Tidak ada rasa malu, atau merasa bersalah atau merasa bertanggung jawab untuk mengikuti kegiatan dengan serius. Main main saja, yang penting heppi, padahal hanya butuh 30 menit saja untuk diam dan serius mengikuti kegiatan (upacara, dsb). Ya namanya juga sudah membudaya, dan telah menjadi karakter, so sangat sulit untuk di hilangkan. Kalau saja di Militer, pasti sudah habis, di hukum karena clengek’an.

Saya rasa budaya clengek’an ini perlu dihilangkan, dan satu satunya cara untuk menghilangkannya yaitu dengan kegiatan wajib militer. Layaknya negara lain contoh saja Korea Selatan, anak muda yang sudah cukup umur (17thn) wajib mengikuti militer. Sehingga terdidik budaya disiplin dan serius dalam mengikuti kegiatan. Sehingga kelak ketika sudah menjadi masyarakat atau pejabat dan mengikuti kegiatan resmi tidak lagi Clengek’an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s