Mencoba Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tak Berfungsi, Mungkin Ini Masalahnya.

keyboard

K eyboard bermasalah, pernahkah kalian mengalaminya?. Begitu menyiksa, ketika keinginan mengerjakan tugas, ingin menulis, atau sekedar membuat catatan menjadi hilang karena masalah keyboard. Lalu timbullah ide untuk membeli keyboard portable, keyboard komputer yang super besar dan tidak praktis, memang rasanya lebih nyaman mengetik dengan keyboard komputer tapi kalau dibawa kemana mana jadinya tidak enak dipandang. Lalu timbul keinginan untuk membeli keyboard portabel gulung, eh, ternyata tidak terlalu nyaman dipakai, lebih enakan keyboard komputer deh.

Laptop ku acer 4752, sudah cukup lama, sejak 2012 aku beli, namun masih handal ketika digunakan, hanya saja sering terjadi permasalahan pada keyboardnya. Sering terjadi error, dan kadang normal lagi, error lagi, ketika satu keyboard “a” tak berfungsi maka semakin lama akan menjalar ke keyboard “q, w, r, t, y enter” dan sebagian besar. So, sudah tak bisa digunakan untuk mengetik lagi.

Lalu timbullah ide untuk membongkar sendiri keyboard laptop ini, bermodal keberanian. Setelah searching kepada master Google, akhirnya ketemu cara membukannya, bisa dilihat disini via youtube. Lalu terbukalah, ternyata didalamnya tak ada apa apa, hanya bagian keyboard belakang yang terbungkus dengan plastik, kurang lebih seperti ini gambarnya

Kemudian tak coba bersihkan keyboardnya dari debu.. dan akhirnya , keyboardnya berfungsi kembali. Namun setelah beberapa waktu, timbul lagi masalah, penyakitnya kumat, keyboardnya tidak berfungsi lagi, awalnya saya berasumsi penyebabnya karena laptop terlalu panas, eh ternyata salah.

Dan dipercobaan terakhir, aku mencoba mengutak atik kabel “colok” yang menjadi satu yang terhubung dengan mesin laptop, ternyata terlipat, saya coba luruskan dan saya ketikkan semua keyboard, ternyata bisa. Lalu pada akhirnya, saya luruskan kabelnya dan diperkuat dengan selotif (perekat) agar tak goyang dan berubah ubah, lalu saya pasang lagi keyboardnya, dan hasilnya… berhasil, keyboard saya telah berfungsi kembali, jadi tidak perlu lagi membeli keyboard laptop yang baru.

One Comment Add yours

  1. cetakankue mengatakan:

    kalo aku urusan hardware begituan kagak ngarti kang.. langsung ke tempat service. nice infonya

Tinggalkan Balasan

