Passion Building Oleh Bapak Husin Syarbini

P assion jika ditranslate menggunakan google translate berarti gairah, semangat, hasrat, nafsu. Menurut saya passion adalah sesuatu yang membuat kita  bersemangat hingga ketika mengerjakannya, waktu menjadi lebih cepat dan pikiran kita fokus kepada pekerjaan itu, menikmatinya bahkan sampai sampai tidak mengingat yang lainnya. Pada hari rabu, 28 Oktober 2014 saya berkesempatan mengikuti kuliah dari bapak Husin Syarbini, STP  yang membahas tentang Passion.

Pembahasan tersebut membuat saya berfikir ulang tentang masa depan, tentang apa yang akan dilakukan dimasa depan, bekerja dimana dan mau jadi apa. Apakah menjadi karyawan atau berkarir sendiri. Sebuah pilihan yang akan menentukan masa depan, mungkin bagi saya sudah sedikit ada gambaran tentang pekerjaan yang akan dilakukan dimasa depan, tetapi bagi mahasiswa baru tentunya masih bias dan belum menentukan masa depannya akan menjadi apa, apakah berkarir diperusahaan atau mengikuti passionnya, mengikuti apa yang disukainya.

Berikut kutipan Passion Building dari facebook bapak Husin Syarbini, STP

PASSION BUILDING

What is passion?The common question when people start to know the definition of Passion. In Fact, it is very simple, when you like most in doing thing in which “Passion” become the definition.

Jadi kata Dosen Bahasa Inggris, untuk tahu “Passion” yang kita miliki coba kita lihat aktivitas-aktivitas apa saja yang sangat kita sukai sehihingga kita TIDAK mungkin LUPA untuk Tidak melakukannya.

Hanya Passion butuh pertanggung jawaban profesional dalam melakukannya jika ingin di jadikan landasan dalam bekerja atau berkarir. Kata Kakek Guru saya dalam buku ON, Passion itu Gue Banget……dan serasa mengalir sewaktu kita menjalankannya hingga kadang lupa waktu dan bahkan secara ekstrim kitapun mau menjalaninya tanpa di bayar. Dapat juga untuk mengetahuinya kita bisa melihat aktivitas-aktivitas apa saja yang kita senangi sejak kecil dan bahkan juga bisa melalui hobi yang kita miliki.

Kuliah Etika Profesi THP Instiper

 

Dan, saya sebagai mahasiswa masih sedikit bingung dengan passion yang saya miliki, terkadang jika di invetarisir tentu akan banyak sekali kesukaan yang kita punyai. Misalnya, ketika bermain sepakbola atau futsal tentu itu membuat kita bersemangat, menendang, berlari bahkan mencetak gol, hingga terkadang kita lupa waktu saking sukanya dengan permainan itu.  Namun, kita juga perlu menyesuaikan passion tersebut dengan peluang dan kemampuan kita, ketika melihat hobi bermain sepakbola kita hanya sebatas hobi, dan permainan yang tidak terlalu “jago” serta lingkungan yang tidak mendukung, tentu akan menutup peluang kita untuk mengejar salah satu mimpi kita untuk menjadi pemain sepakboola profesional. Dan ketika kita sudah menjejakkan kaki didunia pertanian, perkebunan, perkelapa sawitan, tentu kita harus menyesuaikan passion kita dengan itu, tentu ketika kita tak ingin terjun didunia perusahaan yang terikat , kita bisa mengalihkan passion kita untuk menjadi bisnismen, atau pengusaha dibidang tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk memelihara passion kita di bidang lainnya, tentu harus diimbangi dengan skill yang mampu bersaing.

Siang itu juga merupakan hari yang begitu hebat bagi saya,  karena mendapat apresiasi sebuah buku langsung dari penulisnya, Bapak Husin Syarbini, Stp. Buku UKM Naik kelas,   sebuah buku yang berisikan tentang Strategi  mengubah Usaha kecil (UKM) menjadi usaha yang lebih besar, dan dilengkapi dengan profil dan cerita pengusaha pengusaha yang sukses menaikkan kelas usahanya. Alhamdulillah, sangat jarang saya mendapatkan apresiasi seperti ini..

Saya dengan Pak Husin

Saya dengan Pak Husin

Terimakasih pak Husin,  semoga semakin sukses meraih mimpi-mimpinya, dan semoga saya bisa menyusul anda untuk memberikan manfaat sebanyak banyaknya bagi orang lain, bagi Indonesia

Tinggalkan Balasan

