Semangat Sgonduk..

Semangat Pramuka

Semangat Pramuka

A ku teringat sebuah waktu, dimana kami duduk bersama, berkumpul dalam satu kelompok kecil, banyak dari kami yang tak saling mengenal, namun ada sebagian yang sudah saling kenal. Menjadi satu dalam rasa senasib sepenanggungan, kala itu kami memilih sesosok yang tegap, dengan suara lantang, aku mengenalnya, dia tak terlalu baik. Dialah yang memberiku nama baru, karena tubuhku yang kecil maka dia menyebutku dengan sebutan “plankton” sebuah nama yang didapatnya karena melihat tayangan tv anak anak, dalam ilmu biologi kami menyebutnya makanan bagi mahkluk lain dilautan, dalam hatiku tak mengapa kau sebut aku seperti itu, mungkin aku tak ada bedanya dengan plankton itu, berpikir dengan cara apapun untuk bisa mencapai tujuan, semoga tak tertular kelicikannya.
Aku terdiam dan seolah tak bersemangat, disampingku ada sahabat yang telah lama ku kenal, dia pun seolah tak bersemangat, sepertinya kelompok kami yang paling kacau. Tak ada dari kami yang terlihat cerdas, hanya ada pak ketua yang tampak santai dan penuh gurau. Dia kemudian meneriakkan “Sgonduk… Sgonduk.. Sgonduk” entah dapat dari mana yel yel itu.. kami pun seolah tergerak dengan kata itu, kami pun berteriak sgonduk,… sgonduk.. sgonduk.. !!! , :”mari tim sgonduk, kita teriakkan sgonduk” pak ketua memberi semangat. Kami seolah olah termotivasi oleh kata kata itu, disepanjang perjalanan kami terus meneriakkan yel yel sgonduk itu, tiap bertemu dengan tim lain kami berteriak sgonduk… kata yang sebenarnya bermakna sego ndog, artinya nasi telur.. Kami terus menyuarakan sgonduk, hingga akhir acara perkemahan kami, dan tanpa kami duga, teriakan kami itu membawa kami menjadi salah satu tim terbaik diantara kelompok lain.. dan kami mendapat hadiah, sebungkus clengkreng.. keripik ubi kering,, teriakan yang tak sia sia….
akhirnya.. sekarang ternyata, teriakan orang itu tentang sgonduk terbawa dalam keseharianku.. ternyata dikota gudeg ini makanan yang paling populer adalah nasi telur… ha ha ha.. sgonduk segonduk…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s