Pesan dari pemberi cahaya

My teacher
My teacher

T eringat kala itu, ketika berdiri diterik matahari pagi memandang kedepan, kearah tiang bendera itu yang melambai lambai mengibarkan warnanya. dan diatas podium kecil dengan suara yang tegas mereka memberi pesan. Kami yang berdiri dibelakang sibuk, mengawasi bapak galak dibelakang yang siap menghempas besi panjang itu jika terlihat mengacau..
ada yang sibuk bergurau dan ada pula yang serius, dan aku masih ingat dengan jelas pesan itu… beberapa kata yang telah tertancap dihati..
“Ojo rumongso biso, tapi biso’o rumongso”
jangan pernah merasa bisa tetapi bisalah untuk merasa . . .
Pesan bapak kepala sekolah yang tegas dan kami takuti karena ketegasannya…. Pesan yang mengingatkan kita agar tidak terlarut dalam kesombongan, pesan agar kita tak boleh meremehkan bahkan merendahkan segala hal, pesan kepada kita agar selalu merendah..
dan

Pagi itu, sebelum ujian terakhir kami di sekolah itu, bapak dengan badan kecil itu dengan wajah seperti orang arab itu.. memberikan pesan..
“Al-ilmu nuruun”
Kebanyakan dari kami tertawa, karena mungkin kebanyakan dari kami melakukannya.. melakukan hal yang tidak jujur, bekerjasama untuk tidak jujur.
Namun sebenarnya “Al-ilmu nuruun” bukan berarti ilmu itu mencontek “nurun=nyontek (bhs jawa)” tetapi ilmu itu cahaya…
cahaya penerang bagi manusia.. Dunia ini tanpa cahaya, maka gelap gulita, tak bisa kita beranjak dari tempat kita berdiri sekarang, maka carilah cahaya itu, dimanapun, dari siapapun, dan ketika cahaya itu mulai redup maka berusahalah untuk menghidupkannya..
mungkin cahaya itu tak begitu terasa dampaknya sekarang, namun yakinlah.. cahaya itu akan membawa penerang kita dimasa depan..
Mari jaga cahaya itu, semangat itu, cahaya dari guru guru kita, cahaya dari orang tua kita… Mereka akan bahagia ketika cahaya kita semakin terang.. Semoga Allah memberikan keselamatan bagi mereka, Guru guru kita.. terimakasih bapak ibu guru..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s