Merdeka

M erdeka atau mati, mungkin itu teriakan yang selalu didengung dengungkan dulu. Dengan semangat yang membara pantang mundur dengan segala keadaan, meski seberat apapun musuhnya mereka tetap penuh semangat melawan dan mengusir para penjajah.
Mencoba membayangkan dalam benakku, tentang perjuangan mereka. Aku beruntung hidup dan dilahirkan di zaman yang telah merdeka, tak ada lagi yang menjajah. Namun dunia ini mungkin tak seindah dulu.
Teringat cerita kakekku dulu kala ramadhan 7 tahun lalu. Ia menceritakan perjuangannya dengan gagah, sembari memperagakan aksinya dengan penuh semangat. Orang dulu itu kuat kuat kaki kaki mereka sangat kuat langkah mereka kuat meski tanpa alas kaki. Dulu kakekku hanya berbaukan karung goni, dan melangkah dengan kaki telanjang mengarungi dentuman tembakan dari belanda jahat.
Dulu nenekku pernah terpisah dengan orang tuannya, pergi mengungsi karena serangan udara dari belanda. Betapa mirisnya aku membayangkannya.
Kini, dunia telah merdeka, Indonesia telah terbebas. Namun sepertinya masih terjajah, terjajah oleh keinginan dan terjajah oleh nafsu. Dulu ketika belum merdeka, yang diinginkan hanyalah terbebas dari penjajahan, ketika telah merdeka yang diinginkan bermacam macam. Rakyat masih miskin dan para pimpinan kita seolah mempertontonkan kekayaan dan kebohongan mereka, mencuri dari harta rakyat. Kapan kah ada keadilan.
Semakin memikirkan hal semcam itu pikiran dan kepala akan semakin berat. Baiknya kita memikirkan diri sendiri terlebih dahulu, memperbaiki diri dan bersyukur terhadap apa yang ada. Perubahan itu dimulai dari diri sendiri, yups..
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah suatu kaum sampai mereka mengubah diri mereka sendiri”
Impianku adalah menjadikan keluargaku di tengah tengah masyarakat madani . . .
mari wujudkan mimpi kita . . .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s