Ketapang

Ketapang adalah sebuah Kabupaten di Kalimantan barat, Letaknya di pulau Kalimantan tepatnya disebelah selatan pojok barat Pulau Kalimantan, kalau dilihat dipeta letaknya dibagian pojok kiri bawah pulau Kalimantan. Wilayahnya luas, hampir sama dengan luas seluruh Jawa tengah. Luasnya sekitar 31.240,74 km2 (wikipedia) jumlah penduduknya masih sedikit, didominasi oleh orang melayu, dayak dan jawa. Banyak potensi yang tersimpan diwilayah ini, perkebunan (kelapa sawit, karet), pertanian(padi, jagung), pertambangan (bauksit, emas, alumunium), sumber daya lautnya (ikan, udang, sotong) dan masih banyak lagi.

Jembatan pawan 1
Jembatan pawan 1

Ibukota kabupatennya terletak disebuah kota yaitu kota Ketapang. Kotanya masih berkembang, bisa dikatakan kecil, letaknya ditengah tengah delta, karena wilayahnya dikelilingi oleh sungai pawan. Untuk kesana kita bisa melewati jembatan Pawan 1 dan 2, kotanya sedang berkembang, agak terkucilkan karena akses ke Ibukota provinsi yang lumayan jauh (red). Kalau anda dari luar kota, atau luar pulau kalimantan ingin berkunjung ke kota ini mudah saja, karena sarana transportasinya sudah ada (bandara dan pelabuhan). Anda bisa lewat jalur laut, melalui pelabuhan Sukaharja, dengan menggunakan kapal Satya Kencana, biayanya murah cuma 200-300 ribu dari semarang. Nanti setelah sampai di pelabuhan bisa numpang ojek sampai tujuan dan siap siap ongkos yang lebih banyak kalau mau ke tempat tempat lain khususnya diwilayah Hulu (kecamatan kecamatan) karena jaraknya lumayan jauh dari kota juga saranan jalannya yang belum baik, so perlu ekstra tenaga dan money pastinya. Jika anda ingin menginap bisa dipenginapan terdekat, hanya lima menit sampai, ada Hotel Aston bagi yang ingin sedikit lebih mewah, ada pula hotel perdana untuk yang lebih murah, sebenarnya banyak tapi yang saya tahu cuma itu.

Ada juga jalur alternatif (jalur laut), dari pontianak bisa naik kapal ekspress dari pelabuhan pontianak, ongkosnya sekitar 200 ribu, bisa ditempuh selama kurang lebih 8 jam. Kalau ingin jalan darat juga bisa, dari pontianak lewat Rasau nanti dari sana anda bisa naik kapal penyebrangan “Palung” atau pakai kelotok, dan itu harus diwaktu waktu tertentu, biasanya pagi (5-7) dan sore (3-5)  saja,  biayanya kurang lebih 50ribu/orang + motor 50rbu ditambah bensin 50 ribu cukup. Lama penyebrangannya kurang lebih 12 jam, nanti turun di teluk batang atau teluk melanau Kabupaten Kayong Utara, dari sana anda bisa naik motor sampai ke Ketapang sekitar 2-3jam, tergantung kecepatan anda berkendara.

Ada juga jalur darat lainnya, yaitu dari pontianak melalui Tayan, nanti lewat jalan Transkalimantan, itu kalau anda suka dengan touring, waktunya hampir sama sih sekitar 12 jam lah, (belum pernah coba). nanti sampai di Nangatayap anda bisa belok kanan menuju Lewat jalan Alas, menuju Sungai kelik, sampai Sumberperiangan, nanti ujungnya di Siduk, Jalannya sangat terjal dan penuh tantangan, siapkan badan dan tenaga anda (he he he), kalau sudah sampai di Siduk sudah enak, jalannya sudah bagus. Dari siduk ke Ketapang bisa ditempuh 1-2 jam.

Nah ini yang terakhir, jalur udara, pastinya lebih cepat dan mahal. Anda bisa langsung dari semarang atau jakarta menuju ke Ketapang mendarat di bandara Rahadi Osman Kalinilam (kampungku). Biasanya kalstar, atau trigana,ada yang langsung juga ada yang transit terlebih dahulu di Pontianak atau Pangkalan Bun. Lama perjalanannya sekitar 2jam,  setelah sampai anda bisa naik ojeg atau taksi untuk sampai di hotel terdekat.

Kota Ketapang memiliki potensi yang banyak jika bisa dikembangkan dan dikelola dengan baik, pastinya dengan kerja kreatif dan promosi serta penawaran dan perbaikan fasilitas dan prasarana umum pastinya. Ketapang memiliki icon Tugu Ale Ale sebenarnya dari segi desain tak kalah dengan Tugu Jogja, bahkan kalau menurutku lebih indah tugu Ale Ale. Hampir mirip dengan Jam Gadang di Sumatera Barat, tapi kalah gedhe, mungkin mirip jamnya saja (he he he), tetapi mereka (jam gadang dan Tugu Jogja) merupakan icon daerah yang sangat dibanggakan bagi masyarakat Jogja dan Sumatera Barat. Ada sekitar 5 Tugu di kota Ketapang, Bundaran Agus jam, bundaran Ale ale, bundaran Mt. Haryono, Bundaran S.parman dan bundaran seberang (benua kayong).  Desainnya unik, bermakna khusus, saya sendiri masih berusaha mencari tahu, warnanya kning dan hijau khas budaya melayu. Terbuat dari kayu, tegak dengan atap dari kayu juga. Unik dan Artistik, orang Ketapang harus bangga dengan hal ini, ikon kota ketapang lah. Sungainya yang panjang, luas bisa juga dimanfaatkan sebagai objek wisata, hanya saja perlukerja keras dari pemerintah dan juga kesadaran dari masyarakat pastinya, karena saya perihatin dengan sampah sampah dipinggiran pemukiman ditepi sungai, kita tak ingin kan sungai kita menjadi the New Ciliwung, penuh sampah. Jika pemerintah jeli, pemerintah bisa mengatur dan mendesain kota ditepi sungai untuk dijadikan tempat wisata seperti di belanda (yah itu impian saya),mumpung penduduknya belum banyak dan sampahnya belum begitu banyak, kan bisa diatur, kalau bisa seperti ini kan bagus.

kota tepi sungai di belanda

 meskipun sungainya tidak sejernih itu, jika dibuat dengan sedemikian rupa dengan kebersihan dan keunikan arsitektur, tentu akan lebih menarik untuk dinikmati.

Hmm… bagi yang diperantauan dan kangen dengan kota ketapang , ini ada video dari anak ketapang juga hasil nemu di youtube dan websitenya pemkab KETAPANG.

Bagi anda yang baru berkunjung dan masih bingung ingin menginap dimana, ini ada beberapa hotel yang dapat anda jadikan sebagai tempat beristirahat.

Daftar hotel di kota ketapang dan sekitarnya (http://odtwktp.blogspot.com/);
1. Hotel Aston Jl. R. Soeprapto No. 68 A Phone (0534) 30377 KetapangHotel Aston
2. Hotel Perdana, Jl.Merdeka No. 112 phone (0534) 33333 Ketapang
3. Hotel Putra Tanjung, Jl.Pak Nibung 1 No.12 A phone (0534) 32574 Ketapang
4. Hotel Bersaudara, Jl.P.Diponegoro No.5 phone (0534) 32874 Ketapang
5. Hotel Anda, Jl.R.Suprapto phone (0534) 32575 Ketapang.
6. Hotel Murni, Jl.MT.Haryono No.123 phone (0534) 32714 Ketapang
7. Hotel Patra, Jl. P.Diponegoro phone (0534) 32742 Ketapang.
8. Hotel Mutiara, Jl. P.Diponegoro No.2 Ketapang
9. Graha Basuki Rachmat, Jl.Basuki Rachmat Ketapang
10. Mess Pemda, Jl.Letkol.M.Tohir Ketapang
11. Hotel Flamboyan, Jl. Pak Nibung II No.3 phone (0534) 32682 Ketapang.
12. Hotel Aorta, Jl.Sisingamangaraja Ketapang
13. Hotel Anugrah, Jl.Gajah Mada Ketapang.
14. Hotel Wijaya Jl.Pangeran Adi Kec. Kendawangan
15. Hotel Gerhana Jl. Pangeran Adi phone (0534) 70181 Kecamatan Kendawangan.
16. Hotel Kamayo, Jl. Pramuka Kecamatan Sandai

Kata kunci : ketapang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s