Antara teknik dan teknologi

roda gigi

ilustrasi ; teknologi dan teknik

Hari ini aku bertemu dengan seorang yang baru, anak muda yang bersemangat dan menggebu-gebu. Dari cara bicaranya nampak bahwa dia seorang aktifis organisasi kampus. Kami  membicarakan pentingnya teknologi dan teknik, nampak dia sangat bangga sebagai anak teknik. Menurutnya teknik lebih penting daripada teknologi, karena semua ilmu mencakup pada teknik. Pandanganku tentang teknologi dan teknik sedikit berbeda darinya, menurutku teknologi lebih pentin dari pada teknik, tetapi ada keterkaitan antara kedua ilmu tersebut, teknik ada karena adanya teknologi. Menurutku teknolgi adalah suatu cara atau inovasi untuk memperoleh suatu hasil yang diinginkan, jika dalam pertanian hal itu ditunjukkan dengan tingkat produktifitas yang tinggi sedangkan teknik adalah implementasi dari teknologi tersebut. Perdebatan itu membuatku semakin tertarik dan ingin mencari tahu tentang makna dari “teknologi dan teknik”, nah dari searching dan googling di internet di dapatlah sebagai berikut.

Menurut Wikipedia Indonesia:
Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik.
Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Akan tetapi, penemuan yang sangat lama seperti roda dapat disebut teknologi.
Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan ( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat

Wikipedia inggris :

Technology is a broad concept that deals with a species‘ usage and knowledge of tools and crafts, and how it affects a species’ ability to control and adapt to its environment

Teknologi adalah konsep yang luas yang berhubungan dengan spesies ‘penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan kerajinan, dan bagaimana hal itu mempengaruhi spesies’ kemampuan untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungannya

Kalau MSN Encarta :

Technology, general term for the processes by which human beings fashion tools and machines to increase their control and understanding of the material environment. The term is derived from the Greek words tekhnē, which refers to an art or craft, and logia, meaning an area of study; thus, technology means, literally, the study, or science, of crafting.

Teknologi, istilah umum untuk proses yang manusia alat fashion dan mesin untuk meningkatkan kontrol dan pemahaman mereka tentang lingkungan material. Istilah ini berasal dari kata Yunani tekhnē, yang mengacu pada seni atau kerajinan, dan logia, yang berarti suatu bidang studi, dengan demikian, teknologi berarti, secara harfiah, penelitian, atau ilmu pengetahuan, kerajinan.

Encyclopedia of Britannica :

The application of scientific knowledge to the practical aims of human life or, as it is sometimes phrased, to the change and manipulation of the human environment.

Penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis kehidupan manusia atau, seperti yang kadang-kadang diungkapkan, dengan perubahan dan manipulasi lingkungan manusia.

Sedangkan pengertian teknik antara lain;

Wikipedia Indonesia :

Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur (sarjana teknik).

Tapi Wikipedia Inggris :

Engineering is the applied science of acquiring and applying knowledge to design, analysis, and/or construction of works for practical purposes

Teknik adalah ilmu terapan memperoleh dan menerapkan pengetahuan untuk merancang , analisis , dan / atau konstruksi karya untuk tujuan praktis

ABET (lembaga insinyur Amerika) :

The creative application of scientific principles to design or develop structures, machines, apparatus, or manufacturing processes, or works utilizing them singly or in combination; or to construct or operate the same with full cognizance of their design; or to forecast their behavior under specific operating conditions; all as respects an intended function, economics of operation and safety to life and property.

 Penerapan prinsip-prinsip ilmiah kreatif untuk merancang atau mengembangkan struktur , mesin , peralatan , atau proses manufaktur , atau memanfaatkan mereka bekerja sendiri-sendiri atau dalam kombinasi , atau untuk membangun atau mengoperasikan sama dengan kesadaran penuh desain mereka , atau untuk meramalkan perilaku mereka di bawah tertentu kondisi operasi , semua sebagai hal fungsi dimaksudkan , ekonomi operasi dan keselamatan untuk kehidupan dan properti.

Britannica :

the application of science to the optimum conversion of the resources of nature to the uses of humankind.

 penerapan ilmu pengetahuan untuk konversi optimum dari sumber daya alam untuk penggunaan manusia .

MSN Encarta :

Engineering, term applied to the profession in which a knowledge of the mathematical and natural sciences, gained by study, experience, and practice, is applied to the efficient use of the materials and forces of nature

Teknik , istilah yang diterapkan pada profesi di mana pengetahuan tentang ilmu matematika dan alam , diperoleh dengan studi , pengalaman , dan praktek , diterapkan untuk efisiensi penggunaan bahan dan kekuatan alam

Dari beberapa pengertian tersebut maka dapat saya simpulkan bahwa :

teknologi adalah suatu konsep tentang pengetahuan yang diterapkan untuk kehidupan manusia dengan cara menyesuaikan lingkungan dan memanipulasi  lingkungan manusia juga dikatakan sebagai proses dimana manusia menggunakan alat dan mesin untuk meningkatkan kontrol dan pemahaman tentang lingkungan material. Sedangkan teknik adalah penerapan nya. Jadi kedua- duanya sangat penting bagi kita :v .

Daftar pustaka ;

Perbedaan teknologi dan teknik

id.Wikipedia.org

http://wibisono42.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s