Menumbuhkan Writing Habits

on

Kebiasaan menulis atau writing habits adalah modal utama menjadi penulis ahli. Sebetulnya, hampir setiap hari kita menulis. Misalnya memo, surat, komentar atau sekedar sms singkat.tapi, kenapa kemampuan itu tidak kita pelihara dan kembangkan. Nah, salah satu cara menajamkan keahlian tersebut adalah dengan memiliki kebiasaan menulis yang semakin meningkat.

Jika anda tertarik melanjutkan, silahkan menyimak tips tips berikut.

1.     Membuat komitmen. Mengawali kebiasaaan baru tidak mudah tanpa adanya tekat yang kuat. Tekad menjadi kuat karena terdorong oleh motivasi tertentu.Tekad itulah yang akan membuat tubuh dan pikiran mengeluarkan potensi maksimalnya, menemukan solusi dengan cara mengatasi problem. Komitmen juga harus dibuktikan, misalnya dengan membuat buku harian atau blog.

2.     Lakukan rutin di setiap hari di waktu yang sama. Misalnya di pagi hari setelah shalat subuh atau sebelum stidur, Anda mengalokasikan waktu setengah, satu jam atau bahkan lebih. Jadikan sebagai agenda utama dan tak boleh di ganggu dengan acara lain. Yang tak boleh dilupakan adalah memberi jeda atau hari libur agar tidak bosan.

3.     Membuat publik komitmen. Misalnya dengan berjanji dengan orang lain bahwa anda akan menulis secara regular minimal seminggu sekali. Tak usah dengarkan komentar pesismis agar semangat anda tidak melemah.

4.     Fokus pada bulan pertama,salah satu  kunci membentuk kebiasaan baru adalah fokus. Karena jika anda memiliki banyak agenda biasanya konsentrasi akan terpecah.

5.     Tidak ada pengecualian. Tetap disiplin dan konsisten dengan rencana awal. Kegagalan sering terjadi karena hanya konsisten pada minggu pertama. Jangan mentolelir diri sendiri jika meninggalkanlatihan. Agar disiplin, anda dapat menerapkan peraturan : jika absen di satu waktu harus di qadha keesokan harinya.

6.     Cari motivasi menulis. Contohnya dengan membuat target bahwa tulisan anda harus dimuat di salah satu media cetak. Anda tidak akan  berhenti mencoba sebelum berhasil. Hindari kata” saya menulis untuk iseng iseng saja!’ karena secara tak sadar akan membunuh motivasi itu sendiri

7.     Buat sistem reward dan punishmen, yaitu memberi penghargaan kepada diri sendiri jika target terpenuhi. Bila ternyata hasilnya buruk, buat anda dapat menghukum diri sendiri dengan menambah waktu latihan.

8.     Gali terus Inspirasi. Salah satu caranya dengan membaca buku, membaca artikel orang dan mendengarkan ceramah atau padcast

9.     Buat menulis menjadi menyenangkan, misalnya dengan mengajaka orang lain terlibat, minimal akan ada kompetisi kecil yang membuat anda semakinterpacu. Karena biasanya orang ingin tidak ingin dikalahkan oleh saingannya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

sumber. majalah Arrisalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s