Perlunya Pemerataan dan Pembangunan Infrastruktur guna mewujudkan Kualitas Pendidikan yang merata Di seluruh Indonesia

Pendidikan Akhir akhir ini memang sudah cukup terjangkau oleh masyarakat, Khususnya pendidikan sembilan tahun. Sekarang mulai dari SD- sampai SMP tidak dipungut biaya alias Gratis. APBN pemerintah yang di gunakan sebesar 20% untuk Pendidikan di aplikasikan kepada Pendidikan dasar masyarakat.

Namun, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan kualitas pendidikan sekarang ini, meskipun gratis nyatanya masih banyak yang perlu di perbaiki untuk peningkatan dan pemerataan pendidikan di Indonesia. Mungkin di kota besar fasilitas pendidikan yang sudah baik tentu akan menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik pula. Akan Tetapi, Jika kita melihat di daerah daerah terpencil, mulai dari desa desa kecil, daerah transmigrasi, khususnya yang ada di daerah saya (Ketapang) yang belum memiliki fasilitas yang memadai tentunya akan mengahsilkan Kualitas yang tidak baik pula.

Memang kesadaran masyarakat untuk menyekolahkan anaknya sudah cukup tinggi,  tetapi karena keterbatasan sekolah dan daya tampung sekolah menyebabkan Siswa menjadi tidak nyaman. Banyak sekolah khususnya sekolah dasar  yang memang kekurangan ruang kelas menggunakan sistem pergantian kelas, Mulai jam 7-10 untuk kelas 1, kelas 2 mulai jam 10-1 siang sedangkan kelas 3 mulai jam 1- 4 sore. Nah dengan pergantian kelas seperti ini tentunya menyebabkan ketidak nyamanan siswa dalam menerima ilmu dari guru mereka. Sedangkan menurut penelitian, siswa akan lebih dapat menyerap ilmu di pagi hari. Jika di bandingkan dengan Sekolah sekolah di kota besar, Untuk Kelas 1 dan 2 mempunyai waktu belajar di sekolah selama sekitar 3-4 jam, sedangkan kelas 3 mempunyai waktu belajar di sekolah selama sekitar 5-6 jam, akan tetapi untuk sekolah yang menerapkan pergantian kelas tentu akan mengalami waktu penyusutan belajar menjadi sekitar 3 jam  saja. Ini jelas berpengaruh terhadap kuantitas penerimaan Mata pelajaran yang tentu sangat erat pengaruhnya terhadap Kualitas pendidikan itu sendiri.

Nah dari itu, mungkin akan lebih baik jika pemerintah sekarang ini  fokus terhadap peningkatan infrastruktur pendidikan di sekolah sekolah terpencil yang kekurangan ruang kelas ataupun tenaga pengajar sehingga dapat mensetarakan atau terjadi kualitas pendidikan yang merata di seluruh Indonesia.

Iklan

6 responses to “Perlunya Pemerataan dan Pembangunan Infrastruktur guna mewujudkan Kualitas Pendidikan yang merata Di seluruh Indonesia

  1. Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, iwspo.net

  2. Ping-balik: Perlunya Pemerataan dan Pembangunan Infrastruktur guna mewujudkan Kualitas Pendidikan yang merata Di seluruh Indonesia | HMI CABANG KETAPANG·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s