Konsep Pengelolaan Pantai Pulau Datuk yang perlu di contoh

Pantai yang indah tidak menjamin suatu ke nyamanan akan tercapai, terkadang keindahan pantai seolah tak terasa ketika suatu pantai kondisi lingkungannya tidak terjaga. Terkadang pantai yang sering di kunjungi meninggalkan banyak masalah lingkungan. Banyak pengunjung yang tidak bertanggung jawab yang tanpa sadar dapat merusak lingkungan pantai. banyak pengunjung yang meninggalkan bahan bawaan rumah begitu saja di tepi pantai, mereka membuang sampah plastik, kertas dan bekas snack di tepi pantai atau bahkan di laut lepas. Mungkin jika hanya sedikit tak akan berpengaruh, tetapi jika setiap hari orang melakukan hal itu mungkin tak lama lagi pantai itu akan menjadi pantai yang kotor dan busuk.

Nah, apa sih masalahnya kok mereka membuang sembarangan saja? banyak orang beralasan karena tidak ada tempat sampah nya, sehingga mereka bingung harus membuang di mana sampah itu. Mungkin salah satu kesalahan pengelola daerah yang tidak peduli dengan kondisi lingkungan daerahnya yang menyebabkan hal itu bisa terjadi, Seharusnya pemerintah daerah menyediakan tempat tempat sampah di sekitar tempat umum sehingga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan. Salah satu contoh yang baik adalah Pantai Pulau Datuk, pantai yang terletak di Kabupaten Kayong Utara itu sangat mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Di setiap sudut pantai disediakan tempat duduk keluarga untuk bersantai dan di sekitarnya di berikan Tempat sampah yang terbuat dari belahan drum bekas. selain memudahkan masyarakat untuk membuang sampah hal itu juga dapat menjaga kondisi lingkungan agar tetap Asri.

Tempat sampah berjejer di tepian pantai Pulau Datuk

Kunjungan wisata keluarga ke pantai akan menjadi semakin nyaman dengan adanya arena bermain untuk anak anak, selain itu jalan di sekitaran tepi pantai yang telah dikeraskan menjadikan nilai tambah dalam kemudahan akses mnuju daerah pantai. Di sela rimbun pepohonan yang masih terawat semakin menambah kesejukan pantai. Sembari nikmati angin pantai, kita bisa berleha leha di bawah pepohonan yang rimbun menjulang tinggi. Mungkin Pemerintah daerah lain perlu mencontoh Konsep[ pemeliharaan dan pengelolaan pantai di daerah Kayong Utara ini.

Tepian pantai Pulau Datuk

Tempat bermain di sekitar pantai

Anak Anak Muda yang sedang Nikmati liburan di Pantai Pulau Datuk

  • SUPPORTED BY

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s