Hikmah dan cerita ” Raja dan Menteri”

Hmm., menarik untuk di ceritakan, hikmah yang dapat diambil sungguh pantas untuk kita jadikan renungan. Sebuah kisah yang saya dengar dari Ustadz di Masjid desa kami.

Langsung saja ya, mari mari siap siap mata jangan sampai terlewat., bayangkan setiap kejadian dalam cerita, pasti seru u u., he he, berlebihan kali.,

Alkisah disuatu masa berdirilah suatu kerajaan. Disana hiduplah seorang raja yang bijaksana dan rakyatnya yang makmur dan sejahtera. Suatu hari di adakan lah pemilihan menteri baru (menteri pertanian,perdagangan,dan pertambangan), banyak yang mendaftar untuk mengisi jabatan itu. Singkatnya hanya tiga orang terbaik yang terpilih menjadi menteri, mereka sangat senang dan bangga telah terpilih sebagai menteri.

Sang raja sangat senang telah memiliki menteri yang baru yang diharapkan dapat memakmurkan rakyatnya. Raja pun segera memerintahkan pembantu pembantunya untuk mempersiapkan acara pelantikan. Sehari sebelum acara pelantikan raja berkata kepada calon menteri menterinya “bawalah sebuah karung, dan isilah karung tersebut dengan makanan dan buah buahan”. Para menteri pun bersedia untuk melaksanakan perintah raja.

Dalam hati mereka bertanya tanya, untuk apa harus membawa karung dan makanan.

Menteri pertama dalam hatinya berucap “untuk apa sih harus membawa makanan segala, , toh besok juga aku jadi menteri makan enak kerja ringan, he he he, palingan untuk makan pembantu pembantunya, mending aku isi saja karungnya dengan rumput, toh raja kan tidak mungkin teliti “.

“hmm, karungnya saya isi kertas saja setengahnya dan setengahnya makanan, kertasnya taruh bawah saja biar tidak ketahuan”. Pikir Menteri Ke dua

Menteri yang ketiga dengan ikhlas mematuhi perintah raja dan mengisi penuh karungnya dengan buah buahan .

Keesokan harinya, saat yang dinanti nantikan pun tiba, dengan pakaian rapi, mereka berjalan dengan percaya diri sambil menatap lurus kedepan dengan pandangan mantap. Ketiga menteri itu kemudian berbaris dan bersiap untuk mengucapkan janji, tiba tiba Sang raja berucap ” Nah sekarang kalian saya uji, kalian akan di penjara selama tiga minggu bersama dengan karung yang telah kalian isi dengan makanan, selama itu kalian tidak diberi jatah makanan, kalau minuman mungkim ada”.
Terkejutnya bukan main ketiga menteri itu,
” waduh mati aku, makan apa aku nie, 3 minggu hidup dipenjara, rumput mana enak dimakan” ujar menteri 1 dalam hatinya.

“wah, sayang ya tidak ku isi penuh karung itu, kalau tahu begini bakal tak isi roti yang banyak, tapi lumayan lah daripada ga makan, kertasnya bisa buat alas tidur”, kata menteri 2 dalam hati

menteri 3: dalam hatinya berkata”alhamdulillah, karungku tak isi penuh, tinggal nikmatin aja lah”

akhirnya setelah tiga minggu di penjara, menteri 1 pingsan karena tidak mampu menahan lapar , menteri 2 tampak lemas dan juga kurus karena harus menghemat makanan. Sedangkan Menteri 3 tampak lebih bugar, segar dan bertenaga.

Nah dari cerita diatas pelajaran yang dapat kita ambil adalah kita didunia ini harus berbuat baik dan juga harus melaksanakan segala perintah serta menjauhi larangan Allah SWT sebagai bekal kita di akhirat, jika kita tidak memiliki bekal apa apa maka celakalah kita, dan jika kita hanya berbekal amal baik saja juga tidak akan menyelamatkan kita dari api neraka dan siksa kubur.

Jadi kita di dunia ini diberi amanah untuk melaksanakan perintah dan menjauhi segala laranganNya serta beramal baik sebagai bekal kita di akhirat kelak.
Semoga memberi kebaikan kepada semuanya, amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s