WordPress Vs Blogspot

Blog adalah salah satu media informasi yang baik bagi masyarakat umum.  Ada bermacam macam penyedia layanan blog  gratis, yang saya tahu ada dua yaitu WordPress dan Blogspot.  Saya sebagai  seorang blogger pemula masih belum tahu benyak  tentang keduanya.

Untuk membuat Blog, kita hanya perlu mendafrat saja, untuk Blogspot anda dapat mendaftar ke www.blogger.com sedangkan untuk WordPress anda dapat mendaftar ke www.id.wordpress.com setelah itu anda akan di haruskan mengisi formulir pendaftaran.

Nah, langsung saja ke inti nya, dari kedua blog ini, saya mempunyai pandangan pandangan tentang perbandingan antara blogspot dan wordpress yang sebaiknya di ungkapkan .

Pertama: dari segi kemudahan akses, keduanya sangat mudah di akses, apalagi internet udah pada nyampe kedesa desa

Kedua: dari segi tampilan, wordpress jelas lebih formal dan template yang tersedia cukup banyak dan bervariasi, tampilan dashboardnya cukup menarik dan enak dilihat, dan mudah untuk mengubah template yang telah tersedia, caranya : Dashboard, tampilan ,tema,  terus tinggal milih template yang disukai, untuk mengganti yang lebih bervariasi anda dapat mendownload dan menginstal template, template yang telah di download harus di upload menggunakan SMART FTP atau FILEZILLA dan Semacamnya,  untuk pemula memang sulit, Jujur saya juga belum bisa,, he he.

Untuk Blogspot, menurut saya  tampilan dashboardnya tidak terlalu menarik dan kurang enak untuk di lihat, tetapi untuk mengganti template sangat mudah sekali, caranya:  tata letak,  edit Template . jika kita ingin mengganti template yang bervariasi tinggal search saja di google, setelah itu tinggal di download kemudian di extract dengan Winzip atau Winrar, kemudian di upload ke Blog, caranya : pengaturan,  edit Html trus tinggal unggah filenya yang udah di download.

Ketiga: Dari  segi promosi , wordpress lebih mudah karena di tampilan dasboardnya sudah ada blog kawan kawan, mulai tulisan terbaru, tulisan terngetop hari ini, sampai perkembangan blog tercepat. Nah di sana kita dapat maen maen ke blog tersebut sambil nyanthelin link blog kita. Sedangkan Blogspot tidak ada, hanya kita berlangganan atau mengikuti situs situs tertentu saja.

Yang ke empat: Statistik Blog, kalau di wordpress sudah tercantum di dashboardnya jadi kita bisa memantau perkembangan blog dari hari ke hari serta mengetahui seberapa popular blog kita, selain itu kita juga dapat menambahkan widget, mulai dari blog stats,tulisan teratas, tulisan terbaru. Kalau di blogspot, tidak tersedia layanan seperti itu, widgetnya pun kita harus mencari sendiri java Scriptnya di situs situs yang menyediakan, pernah sih saya melihat blogspot yang ada Stats tapi saya juga tidak tahu ngambilnya darimana, maklum pemula..,

Itulah sedikit ulasan dari saya seorang blogger pemula, bagi yang belum tahu dan lagi belajar semoga bermanfaat, nah kalau yang udah pada jago, ajarin donk…

Iklan

4 responses to “WordPress Vs Blogspot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s