Merokok dan gangguan kesehatan

Sarafino (1994) mengatakan bahwa merokok mengandung unsur zat:

  1. Karbon monoksida adalah suatu gas yang mudah di serap kedalam saluran pembuluh darah, yang berakibat pada ketergantungan secara fisiologis (physiologis dependency)
  2. Tar adalah zat partikel residu yang mungkin dapat menyebabkan gangguan penyakit kanker paru paru.
  3. Nikotin adalah bahan kimia yang bersifat adiktif, artinya bahan ini dapat memberikan  pengaruh ketergantungan secara psikologis.

Dalam berbagai studi, Papalia,Old, dan Feldman(1998) dan Salafino (1994) menyimpulkan akibat negative yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok. Gangguan kesehatan yang dialami oleh perokok di antaranya kanker (kanker mylut,tenggorokan,payudara, ginjal/prostat/kandung kemih, perut, paru paru), penyakit jantung, dan gangguan pernafasan kronis.

11 responses to “Merokok dan gangguan kesehatan

  1. Assalamu’alaikum
    Bagaimana orang kita? Sudah tahu bahaya merokok, tapi kok masih juga merokok (karena ada candu di dalamnya, dan candu itu kan haram). Terus merokok bagaimana ? Apa karena sudah dicampur dengan yg halal terus jadi halal. Seperti juga gaji PNS kan berasal dari bermacam2 sumber (kaga tahu yg halal mana dan yg haram mana)..

    salam kenal dan makasih kunjungannya

  2. Asalamualikaum….Almukharom,…Habib.saya setuju kalau merokok itu banyak kerugiannya tapi bukan berarti kerugian itu Musibah bagi perokok,…yang pasti kita jangan terlena oleh seruan orang2 yang kita tidak tahu persis siapa sebenarnya yang megatakan rokok itu tidak sehat,saya kwatir yang mengatakan orang pertama rokok itu tidak sehat kita harus cari tahu dulu maksud dan tujuannya jangan sampai ini dimunculkan hanya untuk kepentingan yang hanya tujuan ada unsur intimidasi untuk orang2 yang perokok ternyata mayoritas orang2 muslim,ini persepsi lho kita selaku kepedulian orang2 merokok janganlah dijadikan Obyek pembahasan,kalau yang membahas org2 tidak merokok pasti akan beda suasananya tapi sebaliknya pasti tidak terjdi apa2…akan lebioh baik kita membuat suatu pembahasan yang bernuansakan Islami gimana agar keislaman kita semakin kuat Amanahnya,…Maaf kalau saya menggurui sedikit…Trim’s

    • Hmm., saya tidak tahu maksud anda sebenarnya., tapi saya hargai kritik dan saran anda., akan tetapi saya memang benci dengan rokok & saya bukan perokok, saya merasa tidak nyaman dengan rokok, tetapi bukan berarti saya benci dg perokok itu sendiri, saya hanya mengingatkan dan berusaha untuk mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan merokok mereka, saya prihatin dengan kawan kawan saya, adik adik saya, bapak2 saya, saudara2 saya yang sudah terperangkap, dan terjerumus dg rokok.

  3. Excellent read, I just passed this onto a colleague who was doing some research on that. And he just bought me lunch as I found it for him smile Therefore let me rephrase that: Thank you for lunch!

  4. Hello, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring I miss your super writings. Past several posts are just a little out of track! come on!

  5. I havenˇt checked in here for a while since I thought it was getting boring, but the last few posts are good quality so I guess Iˇll add you back to my everyday bloglist. You deserve it friend 🙂

Tinggalkan Balasan

