Apa Merokok melanggar HAM?

” Rokok”, mendengar kata itu kita pasti terbayang dengan benda silindris yang terbuat dari tembakau terbungkus oleh kertas yang jika dibakar akan mengeluarkan asap yang dianggap nikmat bagi pecandunya. Rokok dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia ini. Hampir disetiap tempat pasti ada yang merokok. Memang nikmat bagi perokok tapi menyebalkan bagi yang tidak merokok.
Merokok boleh dilakukan dimana saja, yang penting ada korek api dan rokok, langsung maen sulut saja, tak peduli banyak orang yang tidak merokok disampingnya. Merasa terganggu bukan? Saya sendiri merasa terganggu sekali dengan hal ini, apalagi para perokok yang tidak punya sopan santun, asal ngrokok saja. Asapnya itu sangat mengganggu, bahkan bisa merusak kesehatan. Merokok seharusnya dikategorikan melanggar HAM, Hak untuk bernafas dengan udara yang baik, hak untuk hidup sehat. Karena asap rokok orang yang tidak merokok tapi terkena asapnya lebih beresiko tinggi terkena dampak rokok, wah rugi dong, masya yang menikmat dia sendiri penyakitnya dibagi bagi. Seharusnya perokok wajib membayar kepada perokok passive yang terkena asap rokok yang dinikmatinya. Bagaimana sikap pemerintah? Sekarang ini sudah mulai ada iklan iklan yang membujuk masyarakat untuk menjauhi rokok, memang bagus tapi harus ada tindakan yang lebih tegas donk. Pemerintah jakarta pun sudah menerapkan peraturan larangan merokok ditempat umum tapi kok masih banyak yang melanggar ya? Sangsinya kurang tegas sih, seharusnya pelanggar dikenakan penjara 6/7bulan atau kalau tidak ya , ada penjara khusus untuk para perokok, dipenjara itu perokok dilarang merokok minimal 3 bulan, biar menderita, kapok dan tidak merokok lagi.
Mari kita hidup tanpa rokok, jauhi rokok. Terapkan slogan hidup sehat tanpa rokok, dilingkungan kita, agar dunia ini damai, udara segar, bernafas lancar, umur panjang.

2 Comments Add yours

  1. HOTASI SAMOSIR mengatakan:

    Orang yang bijak adalah yang tahu siapa yang harus dia percaya. Orang yang lebih bijak adalah dia yang selalu bisa dipercaya.

  2. ERNAH mengatakan:

    Seringkali kamu ragu untuk mengucapkan apa yang ada dihatimu karena kamu tidak yakin dia akan mendengarkanmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s