Jadikan Alam Didekatmu…

Halaman rumah akan menjadi bermanfaat jika kita dapat mengelola dengan baik. Di Masa sekarang orang orang lebih suka menjadikan halaman rumahnya bersih, lapang, halus dan tidak becek jika musim hujan, mereka biasanya melapisi halaman rumahnya dengan batu, semen, atau sekarang yang sering digunakan adalah  Paving. Memang halaman kita menjadi lebih baik dan enak dipandang, akan tetapi jika dikaji lebih dalam maka lingkungan kita akan menjadi lingkungan yang tidak sehat. bayangkan saja dengan adanya partike partikel keras (  semen /batu/pasir) maka air menjadi tidak terserap oleh tanah, jika kondisi drainasenya buruk maka akan timbul banjir. Selain itu, Dengan lapisan lantai yang seperti itu, maka akan meyebabkan cuaca/ suasana rumah menjadi panas karena adanya pantulan  sinar matahari yang menyebar kesisi sisi lain. Tanaman yang ditanam pun tidak akan tumbuh dengan baik (ditanam di Pot) karena makanannya terbatas.

Nah seperti apa lingkungan halaman rumah yang baik ? Menurut saya lingkungan halaman yang baik itu adalah halaman rumah yang masih asli. Tanah yang normal dapat ditanami dengan  aneka tumbuhan sebagai sumber Gizi kita, Seperti Sayuran, Buah buahan dll. Selain itu, tanaman tanaman hias yang tertata rapi akan menambah keindahan halaman rumah kita. Pohon yang rindang menambah kesejukan di muasim yang panas,  penyerapan air akan lebih efektif sehingga tidak akan terjadi banjir.

Keuntungan  lain, jika di sekitar kita ditanami dengan berbagai macam tanaman khususnya buah buahan maka kita tidak perlu merogoh kantong banyak banyak karena kita bisa memetiknya sendiri dipekarangan rumah kita.  Saya sarankan untuk menanam tanaman yang bervariasi di sekitar anda walaupun jumlahnya masing masing hanya satu batang. Seperti yang ada dihalaman rumah saya, banyak jenis tanaman yang telah ditanam dan berbuah seperti   Alpukat, Mangga, Jambu air, Jambu biji, Sawo, belimbing, markisa, jeruk, Nangka, dan lain lain, juga beberapa jenis sayuran dan rempah rempah seperti Tanaman Katu, Singkong. Talas, Cabe, Lengkuas, Jahe, Kunyit, Kencur, serta tidak lupa tanaman Hias seperti mawar, melati, lidah buaya, dll. Jangan lupa menanam tanaman obat seperti Dadap, Sambiloto, mahkota dewa,Sirih dan lain lain.  Semua tanaman itu pasti bermanfaat, jangan ragu ragu untuk memeliharanya disekitar anda, Jadikan Alam didekatmu maka akan menolongmu dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s