Sekilas tentang Sterilisasi dan Disinfeksi

Sterilisasi adalah suatu proses untuk membunuh semua jasad renik yang ada, sehingga jika ditumbuhkan didalam suatu medium tidak ada lagi jasad renik yang dapat berkembang biak. Sterilisasi harus dapat membunuh jasad renik yang paling tahan panas yaitu spora bakteri. Dalam pengolahan pangan dikenal istilah sterilisasi komersial yaitu suatu proses untuk membunuh semua jasad renik yang dapat menyebabkan kebusukan makanan pada kondisi suhu penyimpanan yang ditetapkan. Makanan yang telah mengalami sterilisasi komersial mungkin masih mengandung sejumlah jasad renik yang tahan proses sterilisasi, tetapi tidak mampu berkembang biak pada suhu penyimpanan normal yang ditetgapkan untuk makanan tersebut.

Disinfeksi adalah suatu proses untuk membunuh jasad renik yang bersifat patogenik dengan cara kimia atau fisik. Semua desinfektan efektif terhadap sel vegetatif tetapi tidak selalu efektif terhadap sporanya.
Antiseptis adalah suatu proses untuk menginaktifkan atau membunuh jasad renik dengan cara kimia. Bahan antiseptik mungkio bersifat membunuh bakteri dan fungi.

REFF.Srikandi Fardiaz, Mikrobiologi pangan 1

About these ads

4 thoughts on “Sekilas tentang Sterilisasi dan Disinfeksi

  1. Ping-balik: Kisah Sedih WNI di Perantauan… | bijak.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s